Kidung 1: Kasih Sang Raja & Kasih Gembala

May 26, 2011

1  Kidung agung dari Salomo.

Allah tak menghendaki penulisan ‘Raja Salomo’, tapi ‘Salomo/Pendamai’ yang merujuk Jesus The Prince of Peace. Allah menulis Lagu/Kidung baru tentang kasih seorang Raja & Gembala Israel, nubuat peralihan dari Perjanjian Lama ke Perjanjian Baru, dari Yahweh menjadi Yesus Kristus, dari Allah Yang Mahakuasa menjadi Allah Yang Mahakasih. Allah ialah Kasih.

Iblis mungkin meniru kuasa Allah, tapi iblis tidak mungkin dapat meniru kasih Allah yang menyerahkan nyawaNya bagi domba2Nya. Cinta Suci berasal dari Allah, seperti Hawa berasal dari Adam, seperti anak2 manusia berasal dari Anak Allah/Yesus Kristus. Cinta Allah ialah kidung teragung, harmoni antara Allah & manusia. Kidung Salomo kisah kasih hidupnya ini dirancang Allah, agar dapat menggambarkan kisah kasih Allah & umatNya.

2  Kiranya ia mencium aku dengan kecupan! Karena cintamu lebih nikmat dari pada anggur, 3  harum bau minyakmu, bagaikan minyak yang tercurah namamu, oleh sebab itu gadis-gadis cinta kepadamu! 4  Tariklah aku di belakangmu, marilah kita cepat-cepat pergi! Sang raja telah membawa aku ke dalam maligai-maligainya. Kami akan bersorak-sorai dan bergembira karena engkau, kami akan memuji cintamu lebih dari pada anggur! Layaklah mereka cinta kepadamu!

1. Perkataan2 mempelai wanita. 2. Kecupan/cinta Raja (Yesus) lebih membahagiakan dibanding segalanya (anggur menggembirakan hati sedih). Sifat (bau) Raja yang baik & nama yang indah, membuat semua orang tulus (virgin) mencintainya. 3. Semua gadis ingin dicintai Raja, tapi Raja telah memilih gadis yang dicintainya, dibawanya tinggal di istana. Demikianlah, orang percaya dipilih & diangkat ke sisi Allah. Malaikat2 Allah seperti pengiring pengantin, bersorak atas kasih Allah. Cinta Allah/Yesus sangat berharga seperti cinta dari Raja.

5  Memang hitam aku, tetapi cantik, hai puteri-puteri Yerusalem, seperti kemah orang Kedar, seperti tirai-tirai orang Salma. 6  Janganlah kamu perhatikan bahwa aku hitam, karena terik matahari membakar aku. Putera-putera ibuku marah kepadaku, aku dijadikan mereka penjaga kebun-kebun anggur; kebun anggurku sendiri tak kujaga. 7  Ceriterakanlah kepadaku, jantung hatiku, di mana kakanda menggembalakan domba, di mana kakanda membiarkan domba-domba berbaring pada petang hari. Karena mengapa aku akan jadi serupa pengembara dekat kawanan-kawanan domba teman-temanmu? 8  –Jika engkau tak tahu, hai jelita di antara wanita, ikutilah jejak-jejak domba, dan gembalakanlah anak-anak kambingmu dekat perkemahan para gembala.

1. Perkataan mempelai wanita. 2. Putri Yerusalem lambang anak2 Allah di sorga, malaikat kudus/putih & berbahagia. 3. Tapi sang gadis hitam (menderita), sekalipun sebenarnya ia manis (tulus). Saudara2nya menindas & mengabaikan haknya, seperti bangsa2 (PL) & ahli2 taurat (PB) menindas umat Allah. 4. Maka sang gadis merindukan tinggal bersama  kekasih yang baik serupa gembala yang merawat domba2nya. Allah adalah kekasih dari orang2 berdosa, & Gembala bagi orang2 tulus hati. 5. Perkataan putri2 Yerusalem (8). Sang gadis mencari Sang Gembala di antara teman2nya, & dia merasa asing. Sang gadis harus menunggu di dekat teman2nya & mengikuti petunjukNya sampai bertemu Sang Gembala yang sesungguhnya di kediamanNya.

9  –Dengan kuda betina dari pada kereta-kereta Firaun kuumpamakan engkau, manisku. 10  Moleklah pipimu di tengah perhiasan-perhiasan dan lehermu di tengah kalung-kalung. 11  Kami akan membuat bagimu perhiasan-perhiasan emas dengan manik-manik perak. 12  –Sementara sang raja duduk pada mejanya, semerbak bau narwastuku. 13  Bagiku kekasihku bagaikan sebungkus mur, tersisip di antara buah dadaku. 14  Bagiku kekasihku setangkai bunga pacar di kebun-kebun anggur En-Gedi. 15  –Lihatlah, cantik engkau, manisku, sungguh cantik engkau, bagaikan merpati matamu. 16  –Lihatlah, tampan engkau, kekasihku, sungguh menarik; sungguh sejuk petiduran kita. 17  Dari kayu aras balok-balok rumah kita, dari kayu eru papan dinding-dinding kita.

1. Perkataan Raja (9), gadis (12), Raja (15), gadis (16). 2. Akhirnya sang gadis bertemu kekasihnya, Sang Raja. Raja mencintainya sekalipun ia hitam, seperti Allah mencintai orang2 berdosa. 3. Sang gadis turut dalam kemegahan Raja, & diubah menjadi cantik & berharga. Raja bertahta, & sang gadis menyebarkan harumnya, berbahagia di dekat kekasihnya. Orang percaya menyebarkan keharumannya dari Allah. 4. Raja menikmati kecantikan & kelembutan sang gadis, sang gadis pun mengagumi Raja yang tampan di matanya & kemegahan istananya. Allah menyediakan tempat yang indah & bahagia bersama Dia bagi orang2 yang dikasihiNya.

Referensi :

Maz45:14 Dengan pakaian bersulam berwarna-warna ia dibawa kepada raja; anak-anak dara mengikutinya, yakni teman-temannya, yang didatangkan untuk dia. Why14:3 Mereka menyanyikan suatu nyanyian baru di hadapan takhta dan di depan keempat makhluk dan tua-tua itu, dan tidak seorangpun yang dapat mempelajari nyanyian itu selain dari pada seratus empat puluh empat ribu orang yang telah ditebus dari bumi itu. Why15:3 mereka menyanyikan nyanyian Musa, hamba Allah, dan nyanyian Anak Domba, bunyinya: “Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalan-Mu, ya Raja segala bangsa! Maz23:1 TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang; Yoh 12:3 Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni yang mahal harganya, lalu meminyaki kaki Yesus dan menyekanya dengan rambutnya; dan bau minyak semerbak di seluruh rumah itu.

http://www.biblestudytools.com/commentaries/jamieson-fausset-brown/song-of-solomon/song-of-solomon-1.html

Comments are closed.